BATU BACAN

Remstone - Kalau kita berbicara tentang batu akik yang sedang booming saat ini itu tidak bisa lepas dari batu bacan, Batu bacan merupakan batu akik paling populer saat ini yang merupakan salah satu buruan para kolektor batu akik, dan mempunyai nilai harga yang sangat tinggi.

Batu bacan mempunyai sejarah yang sangat panjang dalam dunia percaturan batu mulia di asia tenggara khususnya di Indonesia dan merupakan batu mulia yang paling dicari oleh kolektor batu mulia.



1. Sejarah Batu Bacan

Batu Bacan atau Batu Mulia ini berasal dari daerah Maluku Utara, dan perlu anda ketahui bahwa sebenarnya Batu Bacan berasal dari nama daerah penghasil batu bacan yaitu Pulau Kasirata. Asal mula nama " Bacan " sendiri diambil dari nama pulau tempat dimana diperdagangkannya batu bacan tersebut.

Banyak kolektor batu mulia dari mancanegara mulai berburu batu jenis bacan ini pada sekitar tahun 2005. Batu bacan merupakan batu mulia yang sangat penting sebagai perhiasan pada masa Kesultanan Bacan, Jailolo, dan Ternate.

2. Jenis Batu Akik " Bacan "

Batu Bacan sering disebut sebagai batu GIOKnya Asli Indonesia, Untuk jenis yang sering dijumapi dipasaran adalah Batu Bacan " Doko " dan Batu Bacan " Palamea " yang bewarna hijau muda yang sedikit kebiru biruan. Nama kedua jenis Batu " Bacan " ini diambil dari nama daerah asal batu " Bacan " itu sendiri yaitu Desa " Doko Kasiruta Barat " dan Desa " Palamea ".

3. Warna Batu " Bacan "

Batu bacan mempunyai warna dasar " Hijau tua dan hijau muda " yang sedikit kebiru biruan. Keindahan Batu " Bacan " merupakan keunggulan dari Batu ini, dan Batu bacan sebenarnya mempunya beberapa warna.

Batu " Bacan " mempunyai 9 jenis warna, Dintaranya adalah warna coklat, merah, putih bening, putih susu kuning tua dll, Jadi, Bagi anda penghobi batu " Bacan " jangan khawatir karena batu " Bacan " mempunyai beberapa pilihan warna yang menarik.

4. Kelebihan Batu " Bacan "

Seperti yang sudah kita ketahui bersama Batu bacan mempunyai banyak kelebihan yang memanjakan bagi penikmat dan penghobi Batu " Bacan ". Ada beberapa kelebihan yang sangat menonjol dari jenis Batu Akik ini, Batu jenis " Bacan " dikatakan sebagai batu hidup yang bisa berproses secara alami dan jika dibiarkan semakin lama akan semakin bagus.

Dalam proses yang berjalan, Batu " Bacan " dapat mengalami perubahan warna dari hitam menjadi hijau, selain itu, Batu " Bacan " jenis doko dapat menyerap senyawa lain misal, Jika Batu " Bacan Doko " diikat dengan ring emas maka lambat laun Batu " Bacan Doko " dapat mempunyai bintik bintik seperti emas. Kelenihan lainnya batu ini memiliki tingkat kekerasan sebesar 7,5 skala Mohs yang dikatakan lebih keras dari batu giok.

5. Harga Batu " Bacan "

Dengan segudang kelebihan yang dimiliki oleh " Batu Bacan ' Maka, jangan heran jika batu bacan mempunyai harga yang selangit. Tak kurang pemburu batu ini berasal dari mancanegara seperti Arab, Eropa, dan Cina berlomba lomba mendapatkan batu akik jenis " Bacan " ini. Di Taiwan Batu " Bacan " dari indonesia sering disebut sebagai " Blue Jade " atau batu yang mempunyai warna biru.

Selain karena berbagai kelebihan diatas, harga yang mahal juga disebabkan oleh Batu " Bacan " mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi dan kuat sebagai perhiasan dari 4 kesultanan di daerahnya. Batu jenis ini memiliki range harga dari 200 Ribu sampai dengan 2,5 Juta per gramnya. Bahkan dengan kualitas yang super, Batu " Bacan " mampu menembus harga 40 juta sampai 100 juta perkilogramnya.

Demikian sedikit ulasan saya tentang Batu " Bacan " semoga bisa menambah pengetahuan kita. Amin

No comments :

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda di sini ...... !

Powered by Blogger.