ASAL USUL BATU AKIK BULU MACAN

Remstone - Tidak semua orang tahu tentang asal ususl batu akik " Bulu Macan " yang sudah tersohor dikalangan pecinta batu akik saat ini, Banyak orang telah meyakini bahwa motif pada batu alam ini merupakan fosil bulu macan asli yang pada kenyataannya bukan berasal dari fosil bulu macan. Dikatakan sebagai Batu Akik " Bulu Macan " karena memang jenis batu alam ini memiliki motif serat yang membentuk seperti serat bulu binatang macan dengan ciri yang khas serat berwarna abu hingga kecokelatan dan memiliki dasar warna yang cenderung gelap seperti hitam. 


Motif dari serat pada permukaan batu " Bulu Macan " dapat terlihat jelas karena kontras warna yang terdapat pada batu alam tersebut, dan hal tersebutlah yang diketahui menjadi salah satu ciri khas dari daya tarik batu jenis " Bulu Macan" , sehingga banyak disukai oleh berbagai kalangan khususnya pecinta batu akik, dan mungkin banyak orang yang belum bahwa pada awalnya batu " Bulu Macan " tersebut banyak ditemukan didaerah Jawa Timur seperti : Lumajang, Bondowoso, dan jember. 

Mengenal Asal Usul Baatu " Bulu Macan " 

Untuk mengenal asal usul batu " Bulu Macan ", tentu andapun harus mengetahuinya sebagai pengetahuan dasar dari jenis batu alam tersebut, Batu " Bulu Macan " lebih banyak ditemukan dibeberapa daerah khususnya di Jawa Timur karena memang di jawa timur tersebut pada jaman dahulu sudah banyak perkebunan tebu. Sebenarnya asal motif dari batu " Bulu Macan " sendiri bukanlah merupakan fosil dari bulu macan yang terdapat pada kulit binatang macan, melainkan motif tersebut merupakan serat serat dari tanaman tebu yang kemudian mengendap dengan lamanya proses hingga ratusan tahun. 

Karena setelah kurun waktu tersebut, Maka dipastikan endapan endapan dari tanaman tebu tersebut akan mengeras dan menjadi batuan alami yang pada saat ini disebut sebut sebagai Batu " Bulu Macan ". Dan jika diperhatikan dengan seksama, memang serat tanaman tebu sendiri memiliki warna kecokelat cokelatan, sehingga setelah bertumpukan dengan berbagai endapan lainnya kemudian mengeras maka warnanya akan bercampur dengan warna abu dan hitam, dan tak akan heran tentunya karena endapan tanaman tebu tersebut sedikit banyak bercampur dengan molekul molekul yang terdapat didalam tanah. 


No comments :

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda di sini ...... !

Powered by Blogger.